Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Kehamilan?

Menyediakan testpack atau alat tes kehamilan di rumah dirasa penting saat Bunda sedang melakukan program hamil atau sebaliknya, menghindari kehamilan. Karena alat ini bisa membantu Bunda untuk segera mencari tahu hasil dari usaha Bunda.

Dengan begitu, Bunda dan pasangan bisa mengambil keputusan dan tindakan secepatnya saat mendapati keberhasilan Bunda untuk menjadi calon ibu. Atau membantu Bunda dalam menghadapi kehamilan yang tidak direncanakan.

Hasil positif di testpack tidak selamanya membuat seorang wanita bahagia, bisa jadi itu justru malah menjadi berita buruk yang menimbulkan sebuah ketakutan. Karena tidak selamanya pasangan muda yang baru menikah mendambakan seorang anak dalam waktu dekat. 

Bagi wanita atau pasangan yang pernah menggunakan testpack atau alat tes kehamilan sebelumnya, jarang ada yang ragu dan khawatir dengan hasil yang didapat dari alat tes kehamilan tersebut. Apalagi mereka sedang menjalankan program hamil.

Sementara bagi pasangan yang belum pernah menggunakannya sama sekali, terlebih bagi pasangan yang belum siap memiliki momongan, pastinya akan bertanya-tanya tentang keakuratan dan kebenaran hasil testpack maupun alat tes kehamilan lainnya.

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering terlontarkan saat seorang wanita maupun pasangan menggunakan alat tes kehamilan:

Apa itu tes kehamilan?

Tes kehamilan adalah sebuah tes sederhana dengan media urin yang dilakukan untuk mengetahui apakah seorang wanita sedang hamil atau tidak. Tes kehamilan ini ditentukan oleh jumlah kadar Human Chorionic Gonadotrophin (hCG), yaitu hormon kehamilan yang terdapat dalam darah yang diproduksi oleh sel-sel yang membentuk plasenta.

Anda bisa melakukan tes kehamilan baik di rumah maupun pergi ke dokter kandungan atau bidan. Jika Anda mencoba sendiri di rumah menggunakan testpack atau alat tes kehamilan, maka pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tertera pada bungkus testpack. Karena terkadang alat tes kehamilan atau testpack yang berbeda merk, beda pula petunjuk penggunaannya.

Dokter kandungan, bidan maupun penyedia layanan kesehatan juga bisa melakukan tes kehamilan untuk Anda. Kebanyakan mereka melakukan tes kehamilan di laboratorium lewat sampel darah Anda. Tapi tes kehamilan ini memerlukan waktu lebih lama dan otomatis biaya lebih mahal dibanding Anda menggunakan testpack sendiri di rumah.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan?

Mulai munculnya Human Chorionic Gonadotrophin (hCG) dalam darah yang dapat dideteksi pada urin bukan pada saat terjadinya pembuahan, melainkan diproduksi oleh sel-sel yang membentuk plasenta. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu 3-4 minggu dari hari pertama haid terakhir untuk mendapatkan kadar hCG yang cukup tinggi, sehingga dapat dideteksi dengan testpack atau alat tes kehamilan.

Jadi, waktu yang tepat dan paling cepat untuk melakukan tes kehamilan adalah 3-4 minggu setelah hari pertama haid atau menstruasi terakhir.

Apakah tes kehamilan dengan menggunakan testpack hasilnya akurat?

Anda tidak perlu khawatir untuk yang satu ini. Karena tes kehamilan yang Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan testpack hasilnya akurat, meskipun tes kehamilan lewat contoh darah dinilai lebih akurat dibanding menggunakan testpack.

Dengan catatan, Anda tidak melakukan tes kehamilan terlalu dini, gunakan testpack atau alat tes kehamilan secara benar, yaitu sesuai dengan petunjuk penggunaan, dan pastikan testpack yang Anda pakai tidak kadaluarsa.

Bagaimana jika tes kehamilan menunjukkan hasil positif?

Jika hasilnya positif, itu bearti Anda sedang hamil. Untuk menambah keyakinan Anda, tidak ada salahnya jika Anda melakukan tes kehamilan ulang dengan menggunakan testpack yang berbeda atau langsung mengunjungi dokter kandungan maupun bidan, agar mendapatkan pengarahan kira-kira apa saja yang harus dilakukan pada tahap selanjutnya. Atau Anda bisa konsultasi tentang perawatan prenaral untuk kehamilan Anda.

Bagaimana jika hasil tes kehamilan ternyata negatif?

Hasil negatif dari sebuah tes kehamilan yang dilakukan sendiri di rumah bearti Anda sedang tidak hamil. Untuk memastikan apakah hasil yang Anda dapatkan akurat, maka Anda bisa melakukan tes kehamilan lagi di lain waktu. Karena terkadang wanita melakukan tes kehamilan terlalu dini, sehingga hasilnya kurang akurat.

Bagaimana jika Saya tidak bisa memahami hasil tes kehamilan?

Tidak sedikit wanita yang melakukan tes kehamilan sendiri di rumah merasa bingung dengan hasil tes yang keluar. Terlebih bagi wanita yang baru pertama kali menggunakan alat tes kehamilan atau testpack tersebut. Karena terkadang hasil testpack ada yang muncul dua garis tapi garis satunya samar atau tidak jelas. Akibatnya, wanita tersebut kesulitan dalam membaca hasil tes kehamilan.

Untuk menghilangkan kebingungan dan rasa penasaran Anda, sebaiknya segera kunjungi dokter kandungan maupun bidan guna memastikan kebenaran dari hasil tes kehamilan atau testpack yang Anda lakukan.

Leave a Reply