Cara Ampuh Agar Cepat Hamil Secara Alami

Tidak semua pasangan suami-istri langsung mendapatkan keturunan setelah menikah. Karena banyak sekali faktor pemicu cepat ataupun sulitnya hamil, antara lain: terdapat penyakit, hormonal yang terganggu, sistem reproduksi yang terganggu dan hal-hal lainnya lainnya yang untuk mengatasinya diperlukan suatu pemeriksaan dan pengobatan untuk menyembuhkannya.

Akan tetapi, terkadang ada yang sulit untuk hamil disebabkan oleh kekurangtahuan mengenai pengetahuan dasar tentang kehamilan, berakibat kehamilan yang dinanti tidak juga segera datang.

Karena menunggu kehadiran anak yang tak kunjung datang, tidak sedikit pasangan suami-istri yang mengalami ketidakharmonisan dalam rumah tangga, bahkan berujung perceraian. Meskipun masalah kehamilan bukan satu-satunya alasan untuk bercerai.

cara-cepat-hamil

Untuk itulah, HelloBunda.com berbagi artikel kehamilan tentang tips dan cara ampuh secara alami yang dapat Anda lakukan agar cepat mendapatkan kehamilan, yaitu:

 

  1. Meningkatkan kesuburan suami-istri.

Cepat hamil atau sulitnya seorang wanita tidak hanya bergantung pada kualitas sel telur dan kesuburan rahim saja, tetapi kualitas sperma juga ikut mempengaruhi. Jadi, baik suami maupun istri harus meningkatkan kesuburan masing-masing demi berhasilnya program kehamilan. Ada beberapa makanan yang dapat mendukung Anda untuk meningkatkan kesuburan.

Berikut makanan yang dianjurkan untuk wanita (istri):

  • Sayuran hijau

Mengkonsumsi banyak sayuran hijau seperti: brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya sangat baik untuk meningkatkan kesuburan wanita.

  • Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan seperti: kedelai, kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya merupakan sumber protein nabati yang baik.

  • Nasi merah

Nasi merah sangat baik sebagai pengganti nasi putih. Kandungan karbohidrat komplek yang ada di dalam nasi merah butuh waktu lebih lama dicerna oleh tubuh.

  • Es krim

Es krim memiliki kadar lemak tinggi yang baik. Tapi sebaiknya jangan berlebihan agar tidak terjadi obesitas yang akan menunda keinginan Anda agar cepat hamil.

  • Telur puyuh

Memiliki kadar protein yang tinggi, baik untuk meningkatkan sperma.

Sedangkan makanan yang baik untuk pria (suami) adalah:

  • Vitamin B12

Vitamin ini bisa ditemukan di yoghurt, telur, ikan salmon dan hati.

  • Vitamin C

Vitamin ini ditemukan di raspberi, stroberi, jeruk, asparagus dan brokoli.

  • Vitamin E

Vitamin ini bisa ditemukan di muesli (sejenis sereal), bubur, ubi dan alpukat.

  • Asam Lemak

Asam lemak bisa ditemukan pada minyak ikan dan kacang-kacangan.

  • Zat Besi

Zat besi bisa ditemukan pada labu, telur, daging merah dan biji wijen.

 

  1. Frekuensi berhubungan.

Banyak orang berpikir bahwa semakin banyak frekuensi hubungan maka dapat mempercepat kehamilan. Pemikiran ini salah besar, hal utama yang dapat mempercepat kehamilan adalah kualitas hubungan bukan kuantitas.

Malahan, terlalu seringnya berhubungan, dimana otomatis si suami juga akan lebih sering ejakulasi, akan berpengaruh pada kualitas dan banyaknya sperma yang dikeluarkan. Sebaiknya berhubungan suami-istri dilakukan dengan frekuensi sewajarnya, jika Anda ingin cepat hamil.

Anda bisa melakukan hubungan seks dengan frekuensi 2 atau 3 kali dalam seminggu. Lebih baiknya lagi, Anda melakukan hubungan seksual pada saat masa subur istri tiba.

 

  1. Posisi seks yang tepat.

Posisi seks yang tepat juga sangat berpengaruh pada kehamilan. Posisi yang berpeluang besar agar istri cepat hamil, adalah posisi yang memungkinkan agar sperma dapat berenang cepat melintasi rongga rahim menuju sel telur.

Posisi seks yang dianjurkan:

  • Posisi misionaris, posisi dimana suami berada di atas dan istri berada tepat di bawah dengan posisi badan telentang.
  • Usahakan ketika sperma akan keluar, masukkan penis lebih dalam sampai mendekati mulut rahim.
  • Gunakan bantal di bawah pinggul istri sebagai pengganjal, agar menambah kemiringan dan menambah gravitasi perjalanan sperma menuju rahim serta serviks-nya bisa menampung banyak sperma. Usahakan untuk menahan ini selama 30 detik.
  • Sebaiknya istri jangan langsung berdiri setelah melakukan hubungan intim, tapi berbaring dulu selama 10-20 menit dan lakukan posisi miring, untuk menjaga agar sperma tetap berada dalam rahim dan bisa memungkinkan untuk terjadi pembuahan.

 

  1. Hadirkan suasana santai saat berhubungan.

Berhubungan suami-isteri sebaiknya dilakukan dengan santai dan romantis. Dan juga sangat dianjurkan untuk melakukannya pada saat masa subur istri tiba. Mulailah menikmati hubungan seks tidak sebagai usaha untuk cepat hamil saja, tapi juga karena Anda berdua menikmati dan nyaman melakukannya.

Usahakan istri juga mencapai orgasme. Karena pada saat orgasme, wanita mengalami kontraksi pada mulut rahim yang dapat menghisap lebih banyak sperma untuk membuahi sel telur. Coba beberapa variasi posisi dan lokasi untuk meningkatkan mood Anda berdua.

 

  1. Hindari memakai pelicin/pelumas.

Foreplay atau pemanasan saat berhubungan intim memang sangat dibutuhkan. Karena tidak sedikit wanita yang butuh waktu lama untuk mengeluarkan lendir, terlebih lagi bagi wanita yang mengalami masalah vagina kering, sehingga saat berhubungan terasa sakit.

Meskipun begitu, tidak dianjurkan untuk memakai pelicin atau pelumas. Dikarenakan alat bantu pelicin mengandung komponen-komponen yang bisa merusak sel sperma yang justru tidak memungkinkan terjadinya pembuahan.

 

  1. Ketahui masa subur istri.

Masa subur adalah waktu dimana sel telur siap dibuahi oleh sperma. Jika suami-istri berhubungan saat istri sedang masa subur, apalagi pada saat puncak kesuburan, maka akan memperbesar peluang untuk cepat hamil.

Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita, antara lain: berdasarkan perhitungan siklus haid atau menstruasi, suhu basal tubuh, cek lendir, dan menggunakan kalkulator kesuburan atau alat penghitung masa subur yang dijual di apotik. Untuk cara menghitung masa subur, akan kami jelaskan pada artikel: Tips Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil.

 

  1. Menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup yang sehat sangat penting untuk bisa mendapatkan kehamilan. Karena tidak sedikit orang yang tidak peduli dengan hal ini. Akibatnya, beberapa kebiasan buruk yang dilakukan sehari-hari dapat memperkecil peluang wanita untuk hamil. Oleh karena itu, mulailah untuk menghilangkan semua kebisaan buruk dan cobalah untuk memulai dengan gaya hidup sehat.

Usahakan berat badan anda berada pada ukuran yang ideal alias tidak kurang ataupun lebih. Disamping dapat mengganggu terjadinya pembuahan, berat badan yang tidak ideal juga akan menjadi masalah saat anda hamil nanti. Adapun untuk pria, kurangnya berat badan bisa mengganggu/mengurangi produksi sperma.

 

  1. Hindari keadaan stres.

Stres merupakan salah satu faktor penghambat kehamilan. Karena kondisi stres dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma dan sel telur, sehingga jika Anda ingin cepat hamil, sebisa mungkin hindari stres, dan hal ini membutuhkan kerjasama antara suami dan istri.

Selain itu, jika Anda berhubungan intim dengan kondisi stres, kemungkinan besar kehamilan tidak akan terjadi. Sebab, berhubungan intim harus dilakukan dalam keadaan tenang dan santai, sehingga Anda bisa mencapai puncak orgasme dengan maksimal.

 

  1. Menjaga kualitas olahraga.

Olahraga merupakan salah satu aktivitas untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi jika dilakukan secara berlebihan dapat mengakibatkan dampak buruk. Salah satu hal buruk yang dapat timbul akibat over dosis dalam berolahraga adalah menurunnya tingkat kesuburan pada wanita. Sebaliknya, lakukan olahraga ringan secara teratur agar stamina tidak terkuras dan tubuh tetap sehat.

Berikut beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda coba:

  • Yoga

Yoga sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar stres dalam diri. Yang mana stres merupakan salah satu faktor penghambat kehamilan.

  • Jalan kaki

Jalan kaki sangat dianjurkan untuk calon ibu hamil. Jalan kaki manfaatnya cukup signifikan untuk melancarkan peredaran darah. Sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menghambat kehamilan.

  • Bersepeda

Manfaat dari bersepeda bisa melatih otot karena banyak otot yang bergerak dan terlatih. Sehingga dampaknya akan merelaksasikan otot kaki dan paha, memperkuat otot pinggul, meningkatkan aliran darah, serta dapat menurunkan badan.

  • Meditasi

Meditasi merupakan olahraga yang bisa menenangkan pikiran serta tubuh Anda.

  • Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan untuk Anda yang sedang menjalani program kehamilan.

 

  1. Kebersihan vagina.

Siapa bilang kebersihan vagina tidak penting? Nyatanya, kebersihan vagina dapat mempengaruhi mood seseorang dalam berhubungan intim. Untuk itulah, pastikan vagina Anda selalu bersih.

Ada beberapa cara untuk menjaga agar vagina tetap bersih, yaitu:

  • Basuh dengan cara yang benar

Basuhlah vagina dari arah depan ke belakang sampai mengenai anus, bukan malah sebaliknya.

  • Menjaga tingkat keasaman

Vagina mempunyai tingkat keasaman yaitu 3,5. Jangan dibiasakan mencuci vagina dengan larutan kimiawi yang bisa mengurangi tingkat keasaman.

  • Lakukan seks yang aman

Melakukan seks yang aman dalam artian, lakukan hubungan intim dengan pasangan Anda, dan jangan suka gonta-ganti pasangan.

  • Pakaian dalam yang nyaman

Pilihlah pakaian dalam yang dirasa nyaman bagi vagina Anda dan juga yang dapat menyerap keringat.

 

  1. Anda perlu tahu pengetahuan-pengetahuan dasar tentang terjadinya proses kehamilan.

Pengetahuan-pengetahuan ini sangat penting bagi suami maupun istri. Tujuannya agar mempunyai gambaran tentang cara mendapatkan kehamilan. Tahu tentang jumlah sperma dalam kondisi normal, kondisi serviks di saat masa subur. Perhitungan jalannya sperma ke arah sel telur untuk melakukan pembuahan. Terkait hal ini anda bisa baca penjelasan pada artikel; Bagaimana dan Kapan Proses Kehamilan Terjadi?.

 

  1. Ketahui penyakit penyebab sulit hamil.
  • Bermasalah dengan kesehatan jantung

Penyakit seperti gagal jantung, kelainan jantung bawaan, jantung rematik dan lain sebagainya akan sangat rentan terhadap keguguran. Kelainan kesehatan jantung pada pria juga memiliki risiko sama bagi wanita, yakni sama-sama menjadi penyebab sulit hamil.

  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Wanita yang memiliki tekanan darah tinggi memiliki risiko yang sangat besar terhadap kehamilan yang berbahaya.

  • Kekurangan darah merah (anemia)

Penderita anemia memang tidak menutup kemungkinan untuk hamil. Tapi keadaan anemia bisa mengganggu kesehatan ibu hamil.

  • Asma

Penyakit asma yang diderita oleh wanita hamil akan sangat mempengaruhi kesehatan janin. Risiko bayi lahir prematur sangat besar.

 

  1. Konsultasi ke dokter.

Bila Anda sudah mencoba beberapa cara dan tips di atas, tapi belum juga mendapatkan kehamilan, sementara usia pernikahan terbilang lama atau di atas 1 tahun, tidak ada salahnya Anda konsultasi ke dokter, agar bisa diketahui masalah dan solusi yang terbaik.

 

  1. DO’A.

Nah, cara ampuh agar cepat hamil yang terakhir adalah do’a.

 

Itulah beberapa informasi seputar kehamilan tentang cara ampuh agar cepat hamil secara alami yang tidak memiliki efek samping bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply